SELAMAT DATANG

Sabtu, 02 April 2011

TUNE UP

Apa itu tune up ?

Tune up adalah mengkondisikan engine keposisi kinerja terbaiknya , ada 5 poin penting tune up :

1. looking atau seeing



melihat , ya itu dia .. dengan melihat komponen itu sendiri bisa di simpulkan bahwa komponen yang meliputi kinerja engine itu rusak atau tidak , menunjangkah atau masih baik..
untuk jenis engine yang dilengkapi dengan engine management , penglihatan kita tertuju pada sebuah lampu komunikasi antara manusia dengan engine , yaitu check engine . check engine ini adalah mulut dari engine .

2. measuring


pengukuran , terdiri dari pengukuran komponen ,keausan dan celah-celah komponen yang tersirat pada spesifikasi. jangan terpaku pada satu ukuran karena setiap type engine memiliki spesipikasi yang berbeda , mekanik otomotif bukanlah penghafal tapi penyesuai antara type engine itu sendiri dengan buku manual



3. hearing

mendengarkan , mendengar lebih baik daripada bicara , karena mendengar itu efesiensinya dapat menyerap informasi dari komunikan atau sumber informasi. informasi ini muncul dari gauman engine . bila ada ketukan-ketukan atau knoking , ini tandanya ada masalah pada penyetelan katup , atau campuran bahan bakar dengan udara yang terlalu miskin atau juga adanya pembakaran yang tidak sempurna .








4. smelling


penciuman , ditandai adanya bau yang asing pada knalpot atau pada sistem-sistem sambungan bahan bakar , karena sifat bahan bakar yang mempunyai bau menyengat dan tajam , maka jika bau knalpot ini masih menghasilkan bau tersebut , kemungkinan pembakaran sempurna tidak optimal .






5. working atau doing


lakukan , kerjakan atau atasi .. inilah istilah yang menyuruh kita melakukan sesuatu , melakukan apa? melakukan perbaikan yang informasi awalnya sudah di dapatkan dari poin-poin diatas , juga melakukan perbaikan atau pergantian sesuai jangka waktu yang di anjurkan oleh manual book

0 komentar:

Posting Komentar