Jumat, 14 Juni 2013

SERVICE MANAGER COURSE ; MANAJEMEN WORKSHOP DEALER & COSTUMER


BAB 1. PENGERTIAN DASAR MANAJEMEN

"Manajemen dapat diartikan usaha yang dilakukan untuk memanfaatkan sumber daya yang dimilikki untuk mencapai sasaran tertentu."

Empat Kegiatan/ fungsi manajemen

1. Perencanaan (planning)
2. Pengorganisasian (organizing)
3. Pengarahan (directing)
4. Pengendaliann (controlling)

1. Perencanaan ( Planning)

  • menentukan sasaran yang hendak di capai ( kuantitas, kualitas, dan waktu)
  • mengembangkan pilihan dan urutan kegiatan untuk mencapai sasaran
  • menentukan sumber-sumber daya yang di perlukan dan alokasinya untuk menjalankan kegiatan-kegiatan yang direncanakan.
  • menyusun jadwal waktu pelaksanaan kegiatan-kegiatan. 

2. Pengorganisasian (Organizing)

  • Menentukan jenis-jenis pekerjaan yang pelu dilakukan dalam unit kerjanya
  • Mengatur pembagian tugas di antara anggota-anggota kelompok kerja
  • Mengkoordinasi tugas-tugas yang dilaksanakan anggota-anggota kelompok kerja.

3. Pengarahan (Directing )

  • Memberikan intruksi/perintah dan pengarahan untuk mengerjakan tugas
  • Memberikan motivasi/semangat kerja
  • Memberikan bimbingan dan pembinaan.
4. Pengendalian (Controlling)

  • Menyusun standard penilaian
  • mengumpulkan data/informasi mengenai kemajuan pelaksanaan tugas
  • membandingkan hasil-hasil dengan standard atau sasaran dan melihat apakah terjadi penyimpangan
  • Menganalisa penyimpangan yang terjadi (bila ada) serta mencari sebabnya
  • Mengambil tindakan yang perlu untuk perbaikan.

MACAM-MACAM MANAJEMEN WORKSHOP

Sesuai dengan kerjanya manajemen workshop dibagi menjadi 2 macam :

1.  Manajemen Workshop Dealer
Melayani kendaraan dari luar perusahaan (Costumer External ) sebagai penunjang jual (after sales service).

2. Manajemen Workshop Costumer
Melayani perbaikan kendaraan dari internal perusahaan dan tidak mepertimbangkan jumlah unit yang terjual



BAB 2. MANAJEMEN WORKSHOP DEALER

Tujuan utama perencanaan workshop dealer adalah memberikan dukungan/support dan memberikan kepuasan pada costumer (costumer satisfaction), sehingga pada akhirnya costumer dapat di pertahankan untuk tetap menggunakan produknya (HINO)

Tiga hal yang perlu diperhatikan oleh workshop dealer guna memberikan kepuasan kepada costumer yaitu :
  • Fasilitas workshop dan equipment
  • Kemampuan teknik/man power workshop 
  • pelayanan terhadap costumer

PERENCANAAN MANAJEMEN WORKSHOP DEALER

dalam merencanakan workshop, khususnya workshop dealer meliputi beberapa hal sebagai berikut;

  1. Lay out dan equipment
  2. Struktur Organisasi
  3. Aktivitas Control Workshop
  4. Hubungan dengan Costumer
  5. Sistem Pengecekan Workshop

1. Lay Out dan Equipment

Dalam membuat lay out workhsop ada beberapa hal yang harus diperhatikan;

  • Kalkulasi Area yang dibutuhkan, Bangunan dan instalasi-instalasi penting
  • Pembagian faslitas (Area service, area costumer area office, area karyawan, dan area parkir).
  • Aliran kerja ( Flow Chart Kerja)

Kalkulasi Area Yang Dibutuhkan




bersambung....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar