Jumat, 22 Oktober 2010

Sistem penerangan automotive

duh telat eum .. materi ketinggalan gara-gara gak masuk kelas minggu kemain , tapi referensinya tercantum di buku manual .. yaa itung-itung memantapkan materi kemarin .. dalam acara menebus dosa . hehe
oke gue mulai ja .. serius dikit !
gue coba , judul ini pake "flasher 12 volt "
.........................................................................................................................................
SISTEM PENERANGAN
.........................................................................................................................................
sistem penerangan termasuk dari kelistrikan body , sistem ini  punya 2 cabang

1. penerangan luar 
penerangan luar ini punya anak cabang lagi diantaranya :
  • lampu besar
  • lampu belakang
  • lampu jarak 
  • lampu tanda belok
  • lampu hazard
  • lampu plat nomor
  • lampu mundur
2. penerangan dalam
  • lampu meter
  • lampu ruangan
......................................................!!!!

lampu besar

fungsinya untuk menerangi jalan bagian arah depan , agar driver bisa mengetahui medan jalan yang dilalui pada saat gelap , malam tentunya ..

lampu besar dilengkapi dengan lampu jarak jauh dan jarak dekat ( high beam and low beam)
di operasikan pada salah satu switch di Dim switch .


gbr : Dimmer switch

ada dua type lampu pada lampu besar ini 
1. tipe sealed beam
lampu jenis ini , bola lampunya bersatu dengan kaca lenca .

2. tipe semisealed-beam
perbedaan antara no 1 tadi hanya pada konstruksi .lampu ini dapat dengan mudah diganti dan relatif murah ongkos . bila pergantian tiba maka hanya mengganti lampu dalamnya saja tak perlu mengganti sekaligus dengan kaca lensa kecuali kalo habis tabrakan dan kaca lensanya pecah .. harus itu ! hii
bola lampu di semisealed beam ini mempunyai 2 jenis bola lampu 
  • bola lampu biasa ,dan
  • bola lampu Quartz-Halogen

penting !
lampu halogen lebih panas dari pada lampu biasa saat digunakan , umurnya pendek kalo udah kena yang namanya greaser dan tentunya keringat manusia karena kaeringat itu mengandung garam yang dapat menodai kaca (quartz) . untuk itu maka pegang flangenya atau besi dudukan kaca , bukan kaca lensa !!

bersambung ..

togar . akbar , newstep dan buku catatan si boy

Rabu, 20 Oktober 2010

Rangkaian Glow plug

Konvensional type :

Glow plug adalah komponen tambahan untuk pemansan awal untuk diesel engine (solar) . Glow plug dipakai pada saat engine akan di start pada kondisi dingin , atau pas waktu mo manasin mesin di pagi hari . di aktifkan secara mengira-ngira , cuma pake feeling ja ..

 

gbr: glow plug component

Jenis elektronis glow plug timer :


gbr: sirkuit glow timer

lebih mengarah ke kemudahan operasi dan interval waktu yang akurat .. kita coba deh pake oscilloscope untuk melihat sinyal A V dan Ohm..


merah : menandakan tegangan dari glow plug
biru : tegangan pada hambatan 1 ohm 
saat ini maximal 4,5 V / 1 ohm = 4,5 A , Frekuensi 450 Hz

keuntungan : 

  • sangat terang menyala dan sifat bagus
  • bekerja pada semua glow plug 1,5 V dan 2 V
  • intensitasnya atau interval waktu kerja , jeda mun cek bahasa jermana mah .. dapat diatur dengan potensiometer
  • Poltasenya harus pada 12 volt dc
  • tahan kalo polaritas dibalik
  • gampang 
  • murah pastinya

kekurangan 

  • cahaya pijar gak bisa diukur karena switching perika ja intensitas cahaya dengan steker cahaya
  • gak bisa pake arus kecil ini musti pake accu karena arus konstan pada 5 A

petunjuk 

  • hati hati pada saat pengujian , hindari arus pendek
  • transistor harus punya heatsink kecil ato pendingin istilahnya mah
  • IC 555 disini di pake buat oscilator switching jadi ada kaki-kai yang gak di pake
  • besar kapasitas dioda musti bisa bertahan pada arus minimal 3 A , rata-rata
  • untuk Led tipe standarnya 20mA
  • semua resistor dalam ohm atau k ohm 
  • potensiometer dan resistor minimal 0,25 tipe W
  • potensio 100 k ohm adalah tipe linier
  • besar resistor harus bisa bertahan hidup pada 10 W atau setidaknya lebih dari 5 w
  • kapasitor dalam nano faran nF
  • karenakan arus gede , 5 A ..kabel yang ke transistor , dioda , resistor 1 ohm dan steker cahaya musti yang tebel kira kira 0,75 mm2


ada lagi nih yang pake batere Li-PO :



dikarenakan energi yang terbuang begitu aja , lewat transistor dan resistor dalam bentuk panas maka bisa direduksi pake rangkaian ini ,, gitu !

Rangkaian pertama memakai pulsa ( dengan 11 komponen ) , powernya 12 volt ( setara lipo 3 cell )
Rangkaian kedua tidak memakai pulsa ( hanya dengan sebiji resistor 10 watt ) , powernya hanya 1 cell lipo saja .
noh .. mo pilih yang mana hayoo ? karep lah ... :D





referensi >>> http://www.spaennare.se/glowplug.html


Selasa, 19 Oktober 2010

SPORT DRIVE

Detail Nissan GT-R


(29/10/2007) - Nissan merilis ilustrasi detail drivetrain (mesin-transmisi-gardan) dan sistem suspensi Nissan GT-R yang memberi gambaran perubahan yang dilakukan dibandingkan pendahulunya. Yang paling mencolok adalah penempatan transmisi. Sistem transmisi kopling ganda (dual-clutch transmission) dan kombinasi transfer case diletakkan di belakang, bersanding dengan rear differential. Ini membuat sport car ini lebih seimbang dalam pembagian beban, dimana transmisi, rear differential dan transfer case menyeimbangkan berat mesin dan front differential.



Turbocharger yang dipakai bukan lagi buatan Garett seperti dulu tapi bikin IHI, Jepang. Rumah turbin menyatu dengan engine exhaust manifold. Besar kemungkinan ini dilakukan untuk meghemat ruang dan pertimbangan emisi agar posisi catalytic converters sedekat mungkin dengan turbocharger. Setiap turbocharger di iringi dua catalytic converter, sehingga total ada empat. Dua intercooler dipasang, saling membelakangi dengan dua lobang masuk. Ini menjaga aliran udara masing-masing silinder terus menerus terpisah. Ini dilakukan agar pengukuran volume udara bisa benar-benar presisi.




Namun tidak banyak informasi tentang control system. Sistem elektronik yang terpadu pada GT-R seperti drive-by-wire throttle bodies, dual-clutch automatic transmission dan electronic controlled front differential memberi peluang pada Nissan untuk menciptakan sistem traksi yang melampaui sistem serupa yang ada sekarang ini. Sistem penggerak empat roda-nya juga menggunakan lebih banyak data masukan dibandingkan pendahulunya. Pada model sebelumnya, respon diberikan berdasarkan masukan data speed sensors, throttle position sensor dan g-sensor.















NISSAN GT-R ASSEMBLY :....




Turbocharger dan Supercharger

Turbocharger adalah sebuah kompresor yang digunakan dalam mesin pembakaran dalam untuk meningkatkan keluaran tenaga mesin dengan meningkatkan massa oksigen yang memasuki mesin. Kunci keuntungan dari turbocharger adalah mereka menawarkan sebuah peningkatan yang lumayan banyak dalam tenaga mesin hanya dengan sedikit menambah berat.



Sebuah kerugian dalam mesin petrol adalah rasio kompresi harus direndahkan (agar tidak melewat tekanan kompresi maksimum dan untuk mencegah knocking mesin) yang menurunkan efisiensi mesin ketika beroperasi pada tenaga rendah. Kerugian ini tidak ada dalam mesin diesel diturbocharge yang dirancang khusus. Namun, untuk operasi pada ketinggian, pendapatan tenaga dari sebuah turbocharger membuat perbedaan yang jauh dengan keluaran tenaga total dari kedua jenis mesin. Faktor terakhir ini membuat mesin pesawat dengan turbocharge sangat menguntungkan; dan merupakan awal pemikiran untuk pengembangan alat ini.

Komponen mesin ini memiliki tiga bagian penting: roda turbin, roda kompressor dan rumah as. Roda turbin yang bersudu-sudu ini berputar memanfaatkan tekanan gas buang keluar, kemudian melalui as terputarnya roda turbin ini berputar pula roda kompressor dengan sudu-sudunya sehingga memompa udara masuk dalam massa yang padat. Mengingat komponen ini sering berputar melebihi 80,000 putaran per menit maka pelumasan yang baik sangat diperlukan.


super charge

Supercharger (juga dikenal dengan blower), adalah sebuah kompresor gas digunakan untuk memompa udara ke silinder mesin pembakaran dalam. Massa oksigen tambahan yang dipaksa masuk ke silinder membuat mesin membakar lebih banyak bahan bakar, dan meningkatkan efisiensi volumetrik mesin dan membuatnya lebih bertenaga. Sebuah supercharger ditenagai secara mekanik oleh tali- atau rantai-penarik dari crankshaft mesin.

Supercharger mirip dengan turbocharger, tetapi turbocharger ditenagai oleh arus gas keluaran mesin yang mendorong turbin. Supercharger dapat menyerap sebanyak sepertiga tenaga crankshaft mesin dan dalam banyak aplikasi kurang efisien daripada turbocharger. Dalam aplikasi di mana tenaga besar lebih penting dari pertimbangan lain, seperti dragster top fuel dan kendaraan digunakan dalam kompetisi tractor pull, supercharger sangat umum.



wikipedia.com

Diesel common rail

Teknologi mesin diesel dengan sebuah mesin dengan bahan bakar solar . sistem ini justru main di sistem Bahan bakar , di sistem konvensional ada komponen-komponen penunjang sistem . di konvensional ada injection pump assembly , priming pump dan juga feed pump yang menyalurkan bahan bakar ke ruang pembakaran .

sekarang Mesin diesel sudah bekerja dengan sistem elektronis atau sekarang familiar dengan Common rail . common rail terdiri dari pressure sensor,pressure limiter, solenoid injector sebagai komponen tambahan .



Ada perbedaan dengan type diesel yang lama, yaitu sistem common rail ini digabungkan dengan sistem injeksinya yang dikontrol secara elektronik. type diesel yang lama injektor membuka karena tekanan bahan bakar, tetapi pada common rail yang membuka injektor adalah arus dari ECU. jadi injektornya prinsip kerjanya hampir sama dengan injekto mobil bensin.


Gmbr: injektor Commonrail


Sedangkan tekanan bahan bakar yang dipompa oleh pompa, ditampung dahulu dalam common railnya. sehingga pada semua kondisi diharapkan sama tekananya.

jenis ini memeiliki beberapa keuntungan diantaranya :

Tekanan, jumlah dan waktu penginjecsian dikontrol secara elektronik, sehingga diperlukan akurasi kontrol mesin yang tinggi

Tekanan bahan bakar tinggi, sehingga menjamin atomisasi bahan bakar yang lebih baik

Tekanan bahan bakar tersedia setiap saat.

dari situ akan didapat peforma mesin yang :
1. peforma bagus dan irit bahan bakar
2. getaran dan suara mesin yang lebih halus
3. gas buang yang lebih bersih