Selasa, 19 Oktober 2010

Diesel common rail

Teknologi mesin diesel dengan sebuah mesin dengan bahan bakar solar . sistem ini justru main di sistem Bahan bakar , di sistem konvensional ada komponen-komponen penunjang sistem . di konvensional ada injection pump assembly , priming pump dan juga feed pump yang menyalurkan bahan bakar ke ruang pembakaran .

sekarang Mesin diesel sudah bekerja dengan sistem elektronis atau sekarang familiar dengan Common rail . common rail terdiri dari pressure sensor,pressure limiter, solenoid injector sebagai komponen tambahan .



Ada perbedaan dengan type diesel yang lama, yaitu sistem common rail ini digabungkan dengan sistem injeksinya yang dikontrol secara elektronik. type diesel yang lama injektor membuka karena tekanan bahan bakar, tetapi pada common rail yang membuka injektor adalah arus dari ECU. jadi injektornya prinsip kerjanya hampir sama dengan injekto mobil bensin.


Gmbr: injektor Commonrail


Sedangkan tekanan bahan bakar yang dipompa oleh pompa, ditampung dahulu dalam common railnya. sehingga pada semua kondisi diharapkan sama tekananya.

jenis ini memeiliki beberapa keuntungan diantaranya :

Tekanan, jumlah dan waktu penginjecsian dikontrol secara elektronik, sehingga diperlukan akurasi kontrol mesin yang tinggi

Tekanan bahan bakar tinggi, sehingga menjamin atomisasi bahan bakar yang lebih baik

Tekanan bahan bakar tersedia setiap saat.

dari situ akan didapat peforma mesin yang :
1. peforma bagus dan irit bahan bakar
2. getaran dan suara mesin yang lebih halus
3. gas buang yang lebih bersih

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar